Saturday, March 12, 2016

Pengguna WiFi Gratis Rentan Data Pribadinya

Wifi di Dalam Pesawat Jadi Celah Pembajakan?

Perkembangan penyimpanan cloud dan berkembangnya wifi gratis ranpa password di Indonesia meningkatkan risiko pencurian data. Cara Membobol Wifi

"Orang Indonesia tidak sadar bahwa informasi pribadi pada perangkat mobile tidak ada pertahanan saat terhubung ke WiFi tanpa perlindungan," kata Chief Operations Officer Avast, Ondrej Vlcek saat temu media di Jakarta, Rabu (3/6/2015). Avast adalah perusahaan penyedia software pengaman untuk PC dan mobile.

Kondisi ini, kata dia akan menjadi titik masuk bagi hacker untuk menyerang jutaan konsumen Indonesia setiap harinya.

Survei terhadap 1.100 orang Indonesia yang dilakukan Avast menemukan 70 persen pengguna smartphone maupun tablet berisiko kehilang privasi dan pencurian data melalui jaringan WiFi.

"Penggunaan WiFi publik tidak berbahaya jika memasang perlindungan yang memungkinkan koneksi internet yang aman saat mengakses jaringan publik," katanya.

Sebanyak 41 persen responden tidak pernah atau jarang mematikan pemancar WiFi sehingga membuka jendela lebar-lebar masuknya hacker untuk mengakses informasi pribadi penting.

"Untuk mengatasi masalah ini, kami memperkenalkan Avast Secure Line VPN yang melindungi koneksi internet pengguna dengan enkripsi standar militer dan menyembunyikan alamat IP sehingga tidak nampak oleh penjahat siber," katanya.

Pengguna WiFi Gratis Rentan Data Pribadinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wawan Setiawan

0 comments:

Post a Comment